+62 85 101 63 88 99

CARA MERAWAT BAHAN KULIT

" CARA MERAWAT BAHAN KULIT "

 

Cara Membersihkan Tas atau Dompet Kulit

Tas dan dompet kulit mudah terkena noda karena sering dibawa ke luar rumah dan diletakkan di lantai. Kebanyakan orang menggunakan sabun atau deterjen biasa untuk menghilangkan noda pada bahan kulit, tetapi ini bukan cara yang cocok. Residu sabun biasa dapat menutup pori-porinya sehingga menyebabkan bagian yang dicuci menjadi kering dan pecah-pecah. Anda dapat mengikuti tips praktis di bawah ini mengenai cara merawat tas atau dompet kulit. Sebelumnya, baca label perawatan tas dan dompet kulit Anda agar tidak terjadi salah penanganan.

ü  Campur air bersih atau air mineral dan sabun berbahan lembut, seperti sabun cuci muka atau deterjen untuk pakaian halus, dengan perbandingan 8:1. Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

ü  Semprotkan pada kain atau spons bersih—akan lebih baik lagi kalau Anda menggunakan kain mikrofiber. Hindari menyemprotkannya langsung pada noda karena bisa membuat areanya terlalu basah.

ü  Lap nodanya secara perlahan-lahan searah alur serat bahan kulitnya. Hindari menabraknya!

ü  Setelah nodanya hilang, biarkan tas atau dompet mengering secara alami, jauh dari paparan langsung sinar matahari.

ü  Setelah kering, poles memakai pelembap bahan kulit untuk melindunginya.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Dalam merawat jok mobil, yang menjadi kendala adalah akses di dalam mobil yang sempit. Cara paling mudah untuk membersihkan jok mobil adalah dengan memasukkan campuran air dan sabun lembut ke dalam botol semprot sehingga bisa dibawa ke dalam mobil. Bawa botol semprot satu lagi yang berisi air bersih untuk proses pembilasan.

Merawat Perabot Berbahan Kulit

Perabotan rumah tangga berbahan kulit, seperti sofa dan bantal sofa, perlu dirawat secara rutin agar debu tidak sampai menumpuk dan menggumpal ketika tercampur kelembapan udara. Hindari produk pembersih yang keras agar tidak menyebabkan bahan kulit berubah menjadi kasar dan retak-retak. Pilihlah sabun yang lembut dan ikuti tips bermanfaat berikut ini:

ü  Setidaknya seminggu sekali, sedot debu pada perabotan berbahan kulit Anda menggunakan mesin pengisap dengan ujung berbulu halus. Jangan menekannya terlalu keras untuk menghindari goresan pada permukaan sofa.

ü  Dengan kain dan sedikit larutan deterjen lembut, lap seluruh permukaan perabotan secara perlahan. Anda bisa memakai deterjen untuk pakaian halus atau sabun khusus bahan kulit yang mengandung minyak dan lilin untuk membantu mempertahankan kilau bahan kulit.

ü  Idealnya, gunakan kain mikrofiber bersih dan hindari pemakaian kertas tisu karena bahannya mudah hancur dan seratnya mudah menempel pada bahan kulit.

ü  Lap sekali lagi memakai kain terpisah yang telah dibasahi air bersih. Peras kain agar tidak terlalu basah sebelum memakainya untuk mengelap sampai semua sisa sabun hilang.

ü  Biarkan sampai kering secara alami. Tutup gorden di ruangan untuk mencegah sinar matahari langsung mengenai perabotan berbahan kulit.

ü  Ingat, selalu tes produk apa pun yang akan Anda pakai di area kecil yang tersembunyi dan ikuti petunjuk perawatan bahan kulit pada perabotan Anda.

Cara Membersihkan Bahan Kulit Menggunakan Uap

Anda bisa membersihkan bahan kulit dengan uap air panas tanpa resiko merusak bahannya. Banyak produk-produk alat uap untuk perabot rumah tangga tersedia di pasaran. Ikuti petunjuk pemakaiannya pada bahan kulit. Walaupun teknik ini baik untuk membunuh kuman, Anda masih harus melakukan langkah-langkah tambahan untuk menghilangkan nodanya karena proses penguapan tidak menembus sampai ke serat bahan kulit. Membersihkan bahan kulit menggunakan uap terutama disarankan untuk sofa yang lebih sering menjadi sarang kuman. Penguapan secara rutin dapat menjaga rumah tetap higienis.

Tips Merawat Kulit dengan Bahan Alami

Beberapa bahan dapur efektif dan juga aman untuk membersihkan bahan kulit, tetapi coba terlebih dulu bahan-bahan dapur tersebut di area kecil yang tersembunyi. Perasan jeruk lemon baik untuk mengangkat noda, sedangkan cuka bisa dipakai untuk menjaga bahan kulit tetap terlihat prima. Minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, juga bagus untuk membantu mempertahankan kilau dan kelembapan bahan kulit.