+62 85 101 63 88 99

TIPS MERAWAT PERALATAN DAPUR BERBAHAN BESI ATAU STAINLESS STEELS

TIPS MERAWAT PERALATAN DAPUR BERBAHAN BESI ATAU STAINLESS STEELS

Setiap rumah pasti memiliki peralatan dapur yang berbahan besi atau stainless steel. Entah itu berupa sendok, garpu, pisau, atau bahkan piring. Peralatan dapur berbahan besi atau stainless steel biasanya dipilih karena bahannya yang awet dan tidak mudah rusak. Meski begitu, Anda harus memperhatikan perawatan peralatan dapur berbahan besi atau stainless steel tersebut. Pasalnya bila tidak dirawat dengan baik, lambat laun akan berkarat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat peralatan dapur berbahan besi atau stainless steel tersebut.
  • Setelah memotong bahan dan bumbu masak, segera cuci peralatan besi atau stainless steel Anda lalu keringkan menggunakan paper towel ataupun lap kering.
  • Selalu simpan peralatan masak berbahan besi atau stainless steel Anda di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini perlu dilakukan karena sinar matahari langsung dan tempat yang lembap akan mempercepat pembentukan karat pada peralatan Anda.
  • Oleskan minyak secukupnya pada peralatan besi atau stainless steel Anda, hal ini dilakukan karena minyak bisa mencegah terjadinya kelembapan.
  • Bila peralatan dapur Anda sudah terlanjur berkarat, yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Rendamlah peralatan dapur Anda dengan cola dalam baskom atau wadah yang cukup untuk merendam semua peralatan tersebut.
  • Campur baking soda dengan cuka di tempat yang berbeda, takaran dari baking soda dan cuka tergantung pada seberapa parah karat yang terdapat pada peralatan dapur Anda.
  • Pastikan baking soda dan cuka telah tercampur dengan merata, lalu masukkan campuran tersebut ke dalam wadah rendaman cola tadi dan biarkan semalaman.
  • Setelah dibiarkan semalaman, gosoklah peralatan dapur yang berkarat menggunakan spons yang agak kasar.
  • Sekarang karat yang terdapat pada peralatan dapur Anda pasti sudah lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah digosok menggunakan spons, bersihkan peralatan dapur tersebut menggunakan air panas, lalu keringkan menggunakan lap atau paper towel.
Semoga tips di atas bermanfaat. Selamat mencoba!
 
 
Source link:     http://www.ehow.com/how_4778423_remove-rust-stainless-steel-flatware.html
                    http://homegreenclean.com/kitchen/how-to-remove-rust-from-kitchen-utensils/
                    http://www.ehow.com/how_8107113_prevent-steel-rusting.html
 
http://www.royco.co.id/artikel/detail/432896/tips-merawat-peralatan-dapur-berbahan-besi-atau-stainless-steels